Dampak Minuman Bersoda Bagi Tubuh Manusia

Dampak minuman bersoda bagi tubuh manusia sangatlah buruk. Minuman bersoda seolah-olah hampir menjadi seperti kebutuhan sehingga ketersediaannya dan distribusinya sudah tersebar dimana-mana dan mudah di dapat. Dewasa ini banyak orang menyukai minuman ringan karena rasanya yang enak dan cukup menyegarkan. Harga minuman soda pun tidaklah mahal. Sangat terjangkau bahkan bagi anak-anak sekalipun.

Minuman bersoda sangat diminati olah anak-anak, remaja bahkan orang tua. Meski tak banyak orang yang tahu atau tidak  peduli, minuman bersoda juga membuat kecanduan atau ketagihan. Minuman soda ini juga memiliki efek buruk. Orang yang sudah kecanduan, mereka akan minum soda setiap hari dan bahkan bisa beberapa kali dalam sehari.

Padahal sebenarnya, rasa segar yang didapatkan terasa hanya sesaat. Yang kemudian kita segera merasa haus lagi. Untuk itu, ada alasan bagus mengapa kita harus berhenti minum minuman bersoda. Bahkan efek buruk bagi kesehatan, patut kita waspadai.

 

dampak buruk minuman soda

 

Berikut adalah alasan kita harus berhenti minum minuman bersoda :

  • Soda tidak memiliki nilai gizi lain selain kalori dan kadar gula yang tinggi. Sehingga tidak menheranlan jika penggemar soda yang paling rentan adalah kenaikan berat bada an cenderung menjadi gemuk. Sebagian besar minuman ringan mengandung 250 kalori per 600 ml. Tidak ada konten nutrisi atau mineral di dalamnya, tetapi hanya ada gula dan kafein
  • Soda adalah diuretik yang meningkatkan produksi urine. Sifat deuretik ini membuat cairan di dalam tubiuh banyak keluar melalui urine. Jika tidak diimbangi dengan air putih, maka dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi.
  • Kandungan asam Fosfat dalam soda menyebabkan sensasi kesegaran ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang. Jika minuman ringan ini dikonsumsi terus -menerus, maka tulang akan menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori. Mengalami penurunan kepadatan tulang akan memicu resiko radang sendi dan osteoporosis.
  • Kandungan asam dalam soda dapat merusak gigi. Minuman bersoda dapat merusak gigi karena mengandung kadar gula tinggi. Komposnen asam dari soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.
  • Meminum minuman bersoda dalam jangka panjang dapat menyebabkan erosi pada lapisan perut yang dapat memicu masalah pencernaan, seperti mulas, embung dan gas lainnya.
  • Kandungan natrium pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari penelitian ini menunjukan bahwa meminum soda terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga jantung.
  • Mengonsumsi meinuman bersoda terus-menerus juga dapat menyebabkan resiko kesehatan lainnya, seperti diabetes tipe 2 karena kadar gula tinggi, memberika efek kafein yang dikandungnya, seperti insomia, tekanan darah tinggi, dan denyut jantung yang tidak teratur.
  • Minuman bersoda bila dikonsumsi dalam jangka panjang juga dapat merusak sistem imun tubuh dan meningkatkan resiko penuaan dini akibat radikal bebas.

Itu tadi adalah dampak dari minuman bersoda bagi tubuh manusia. Lebih banyak hal-hal yang tidak baik apabila dikonsumsinya. Agar tubuh kita tetap sehat di hari tua, sebaiknya kita danapt menghindari minuman bersoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *